Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Wabup Saiful: Tidak ke Mana-mana, Tapi Harus Ada di Mana-mana

Rabu, September 18, 2024 | 11.16 WIB Last Updated 2024-09-18T03:16:52Z

 

PMI Kepulauan Selayar salurkan bantuan kepada penyintas kebakaran rumah di Batangmata Sapo (Photo: Istimewa) 

Realitynews.web.id, Selayar – Wakil Bupati (Wabup) Saiful Arif menyatakan bahwa seorang Wabup tidak harus selalu berpindah-pindah, tetapi harus siap hadir kapan pun dan dimanapun, terutama di tengah-tengah rakyat yang sangat membutuhkannya. "Ini tidak ada hubungannya dengan sikap politik," tegas Wabup Saiful Arif, menambahkan bahwa ini merupakan prinsip jabatan yang harus dipegang.


Saat menunggu keberangkatan KMP Balibo dari Dermaga Feri Mappatoba Pamatata menuju Bira, Bulukumba, pada Rabu pagi (18/09/2024) sekitar pukul 07.30, Wabup menerima kabar tentang kebakaran rumah milik Nur Hidayani sekitar pukul 03.00 dini hari di Dusun Batangmata Sapo Utara, Kelurahan Batangmata Sapo, Kecamatan Bontomatene, Selayar. Kebakaran tersebut mengakibatkan kerugian besar, termasuk satu rumah kayu besar, emas seberat 70 gram, satu unit motor Supra, enam mesin jahit (neci, obras, sirsak, bordir), uang tunai sebesar 5 juta rupiah, ijazah, BPKB, identitas diri, dan empat unit HP Android.


Menanggapi informasi ini, Wabup segera menghubungi dan memerintahkan Kepala BPBD, Kepala Dinas Sosial, dan PMI untuk segera menuju lokasi kejadian dan menyalurkan bantuan yang diperlukan. Ia juga menginstruksikan Lurah setempat untuk membuat laporan resmi secara tertulis.


Wakil Ketua PMI Selayar memindahi lokasi rumah kebakaran di Batangmata Sapo setelah serahkan berbagi jenis bantuan (Photo:Istimewa) 

Ketiga institusi tersebut langsung bergerak ke lokasi. Tim BPBD dipimpin oleh Kalaksa Drs. Ahmad Aliefyanto, M.M.Pub, didampingi oleh beberapa pejabat dan staf, termasuk Patta Bau, S.Sos (Sekretaris), Muhammad Ikbal, SE (Kabid Kedaruratan & Logistik), Hj. Sitti Maryam, S.Pd., MM (Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda), dan beberapa staf lainnya. Mereka membawa logistik berupa bahan pangan seperti beras 2 karung @5 kg, mie instan 2 dus, minyak goreng 1 liter, ikan kaleng @3 kaleng, gula pasir 1 kg, madu sachet 1 dus, multivitamin 1 dus, kecap 2 bungkus, serta perlengkapan keluarga seperti sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, sampo, handuk, sarung, minyak kayu putih. Selain itu, mereka juga membawa shelter kit, selimut, alas tidur, terpal, perlengkapan bayi, ember, dan sabun cair.


Pada waktu yang sama, Dinas Sosial yang dikoordinatori oleh Andi Rahmat Nas, didampingi oleh Sitti Hasna, Taupik Din, Asty, Emma, dan Ahri, juga tiba di lokasi dengan membawa bantuan berupa kasur lipat 3 buah, sandang dewasa 3 buah, selimut 3 buah, beras 20 kg, tenda 1 unit, dan 19 lembar seng.


Tak ketinggalan, tim PMI yang dipimpin oleh Wakil Ketua H. Patta Lolo, didampingi oleh Irha dan Aldi, turut menurunkan bantuan berupa family kit dan terpal.


Baru-baru ini, Wabup juga menerima informasi bahwa personel tambahan dari BPBD, termasuk Rusman (Kabid RR), Saiful Bahri (Penelaah Teknis Kebijakan), dan Taufik Z. (staf PNS) juga dikerahkan ke lokasi dengan membawa tambahan bantuan berupa 40 lembar seng 10 kaki.


Lurah Batangmata Sapo, Ahmad Anshar, sesuai petunjuk Wabup, telah membuat laporan resmi terkait kejadian tersebut, seperti yang dilaporkan oleh Abd. Hamid, tetangga korban.


“Semoga bantuan yang telah disalurkan dapat bermanfaat dan membantu mengurangi kesulitan serta kerugian korban,” ujar Wabup Saiful Arif. Ia juga mengucapkan terima kasih atas respons cepat dari BPBD, Dinas Sosial, dan PMI. "Anda semua luar biasa," tutupnya (*) 


×
Berita Terbaru Update