Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Peringati Harhubnas, KUPP Kelas III Selayar Soroti Pentingnya Transportasi Berkelanjutan dan Digitalisasi

Selasa, September 17, 2024 | 10.13 WIB Last Updated 2024-09-17T17:24:46Z

 

Kepala Kantor UPP Kelas III Selayar, Muh. Irfan Jayadinata sebagai Pembina upacara Peringatan Hari Perhubungan ke 53 tahun 2024 di Pelabuhan Rauf Rahman Benteng (Photo: Tim/realitynews.web.id) 

Realitynews.web.id, Selayar – Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-53, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Selayar menggelar upacara di Pelabuhan Rauf Rahman Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, pada Selasa, 17 September 2024. 


Upacara ini dipimpin oleh Hasbullah dan diikuti seluruh pegawai Kantor UPP Kelas III Selayar. Kepala Kantor UPP Kelas III Selayar, Muh. Irfan Jayadinata, bertindak sebagai pembina upacara. Upacara berlangsung dengan penuh khidmat, diwarnai semangat peringatan tahunan sektor transportasi.


Dalam amanat yang disampaikan oleh Muh. Irfan, mewakili Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Harhubnas tahun ini dijadikan momen refleksi untuk meninjau kontribusi dan pencapaian sektor transportasi selama sepuluh tahun terakhir. Dengan tema “Transportasi Maju Nusantara Baru”, upacara ini menekankan pentingnya kolaborasi semua pihak untuk mendorong kemajuan transportasi nasional.


"Melalui visi Presiden Joko Widodo, ‘Indonesia Maju, Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian,’ sektor transportasi telah membuktikan perannya dalam menghubungkan seluruh wilayah Indonesia, mewujudkan kemandirian ekonomi, serta menjunjung konsep pembangunan Indonesia-Sentris," ungkap Muh. Irfan.


Menteri Perhubungan juga menyoroti peran penting infrastruktur transportasi yang terus dikembangkan dengan dukungan subsidi operasional. Hal ini bertujuan untuk memastikan layanan yang lebih terjangkau, merata, dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, langkah-langkah menuju angkutan perkotaan modern yang ramah lingkungan juga diambil sebagai wujud kontribusi Indonesia dalam mengurangi emisi karbon.


Suhardi, Nora, Faisal sebagai penggerek bendera sang merah putih saat upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional ke 53 (Photo: Istimewa) 

Selain pembangunan fisik, transformasi digital juga telah diterapkan di sektor transportasi di seluruh Nusantara. Digitalisasi ini tidak hanya memudahkan akses layanan, tetapi juga meningkatkan efisiensi dan efektivitas, serta membuat pengalaman transportasi lebih nyaman dan aman bagi masyarakat.


"Pencapaian ini tak lepas dari kontribusi dan kolaborasi berbagai pihak, termasuk kementerian, pemerintah daerah, sektor swasta, dan elemen masyarakat. Semua pihak telah bekerja sama dalam meningkatkan kualitas layanan transportasi nasional," tambahnya.


Sebagai bentuk penghargaan, Menteri Perhubungan menyampaikan apresiasi kepada seluruh insan transportasi yang bekerja keras dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan perjalanan masyarakat. Dari penjaga menara suar hingga pengemudi, setiap individu dinilai telah memberikan dedikasi penuh demi memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan transportasi di seluruh Indonesia.


Upacara peringatan ini diharapkan menjadi pendorong semangat bagi semua pihak untuk terus berinovasi dan berkolaborasi demi masa depan transportasi Indonesia yang lebih baik, modern, dan berkelanjutan. (AR)


×
Berita Terbaru Update