Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kejari Kepulauan Selayar Sambut Nahkoda Baru, Air Mata dan Kenangan di Momen Pisah Sambut

Rabu, September 04, 2024 | 16.25 WIB Last Updated 2024-09-04T08:34:43Z


Apreza Darul Putra gantikan Hendra Syarbaini sebagai Nahkoda di Kejaksaan Negeri Selayar (Photo: AR/realitynews.web.id) 

Realitynews.web.id, Selayar – Peringatan Hari Lahir Kejaksaan ke-79 tahun 2024 menjadi momen bersejarah bagi seluruh jajaran Kejaksaan di Republik Indonesia.


Momen tersebut juga menandai pisah sambut antara Hendra Syarbaini, SH, MH, mantan Kajari Kepulauan Selayar, dan Apreza Darul Putra, SH, MH, yang baru dilantik sebagai Kajari Kepulauan Selayar pada Kamis, 29 Agustus 2024 di Makassar.


Pisah sambut pejabat Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Selayar ini berlangsung haru, dengan deraian air mata dari para pejabat dan staf di Aula Pertemuan Kejari Kepulauan Selayar, Senin (02/09/2024).


Dalam suasana yang penuh emosi itu, Hendra Syarbaini mengajak semua orang untuk tidak larut dalam kesedihan, sebab suka dan duka ibarat dua sisi mata uang yang berbeda. Ia juga berbagi cara bagaimana dirinya menghibur diri saat berduka dan merindukan keluarga selama bertugas sebagai Kajari Selayar.


“Untuk mengobati rasa rindu dan duka itu, saya memilih untuk melakukan kegiatan yang kita nikmati bersama. Kita jalan-jalan bersama, touring, dan makan bersama, layaknya keluarga. Kalian adalah keluarga saya di sini,” ungkap Hendra Syarbaini sambil meneteskan air mata di hadapan para pegawai Kejari Selayar.


Lebih lanjut, Hendra Syarbaini mengibaratkan jabatannya sebagai Kajari Kepulauan Selayar seperti seorang Nahkoda Kapal Pinisi yang memiliki momen naik dan turun dari kapal. Saat memegang kemudi kapal, ia dibantu oleh Mualim dan ABK yang hebat dan tangguh, mengarungi samudra yang penuh tantangan, menjadi satu tim yang solid berlayar menuju pulau impian institusi, meskipun kadang-kadang menemui kegagalan maupun kesuksesan selama dua tahun.


“Pada 23 Agustus 2022, saya naik Kapal Pinisi ini, memegang kemudinya, dan didukung oleh para Mualim dan ABK yang tangguh. Dalam pelayaran selama dua tahun, kita telah melewati banyak pulau, namun di salah satu pulau itu, saya harus sadar dan atas perintah, saya harus turun karena ada Nahkoda baru yang akan melanjutkan perjalanan Kapal Pinisi kalian,” ucapnya.


Hendra Syarbaini, yang akan menjabat sebagai Kajari Lampung Utara, sangat yakin bahwa penggantinya, Nahkoda baru Kapal Pinisi Kejari Kepulauan Selayar, Apreza Darul Putra, adalah orang yang hebat. Ia pun menekankan kepada mantan bawahannya untuk menunjukkan ketangguhan mereka kepada Nahkoda baru.


“Saya yakin Nahkoda baru, Pak Apreza, akan melanjutkan perjalanan kapal kita ini. Dukung beliau, tunjukkan ketangguhan kalian dengan jiwa korsa Adhyaksa. Semua arahan dari Nahkoda di atas kapal wajib dilaksanakan,” jelas Hendra Syarbaini.


Mantan Kajari Kepulauan Selayar ini juga mengingatkan agar tidak ada satupun diantara ABK yang mencoba merusak kapal, karena semuanya akan tenggelam bersama.


Di akhir sambutannya, Hendra Syarbaini meminta maaf secara pribadi atas semua kesalahan serta kekhilafan, baik yang disengaja dalam bentuk candaan maupun yang tidak disengaja, kepada semua pegawai yang pernah dipimpinnya. (AR) 

×
Berita Terbaru Update