Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Paskibraka Selayar Jalani Latihan Fisik dan PBB Intensif Menyongsong HUT RI ke-79

Senin, Agustus 05, 2024 | 12.34 WIB Last Updated 2024-08-05T05:11:34Z

 

Para calon Paskibraka Kabupaten Kepulauan Selayar 2024 tengah jalani latihan Fisik dan PBB yang intensif di Lapangan Pemuda Benteng (Photo:Tim/Realitynews.web.id) 

Realitynews.web.id – Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 akan berlangsung dalam 13 hari lagi, tepatnya pada Sabtu, 17 Agustus 2024.


Saat ini, calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tengah menjalani pelatihan intensif setiap hari dari pagi hingga malam, yang dibimbing oleh personel Kodim 1415 Selayar dan Polres Kepulauan Selayar. Pelatihan ini dimulai sejak tanggal 1 hingga 16 Agustus mendatang.


Pelatih Paskibraka dari Kodim 1415 Selayar, Peltu Bachtiar, mengatakan bahwa pelatihan calon Paskibraka dimulai setiap hari pukul 05.00 WITA dengan latihan fisik, dilanjutkan dengan latihan baris-berbaris (PBB) pada pukul 07.30 WITA hingga 12.00 WITA, kemudian dilanjutkan lagi pada pukul 14.00 WITA hingga 18.00 WITA.


“Tidak ada orang yang bodoh, yang ada hanya orang yang malas berlatih. Masalah waktu tidak ada masalah, asalkan anak-anak sehat, Insya Allah mereka akan menjadi Paskibraka yang siap menjalankan tugasnya nanti,” ungkap Peltu Bachtiar. Senin, (05/08/2024). 


Hal senada disampaikan oleh pelatih Paskibraka dari Polres Kepulauan Selayar, Aiptu Abdul Rahim. “Walaupun waktu latihan sangat sempit, tapi tidak ada alasan seperti itu. Semuanya harus sempurna dan siap mengibarkan Sang Merah Putih nanti,” ujarnya.


Pelatih Pelda Bachtiar dan Aipda Abd Rahim tengah berikan intruksi dan semangat kepada Calon Paskibraka 2024 (Photo: Istimewa) 

Sebelumnya, seleksi Paskibraka tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar 2024 telah dilaksanakan dengan transparan dan ketat. Seleksi dilakukan secara online melalui aplikasi transparansi Paskibraka BPIP dari 5 hingga 24 Maret 2024, dengan hasil diumumkan pada 25 Juni 2024.


Dari 279 siswa yang mendaftar, hanya 197 yang mengumpulkan berkas lengkap. Dari jumlah tersebut, 142 siswa lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Akhirnya, 73 siswa (38 pria dan 36 wanita) ditetapkan sebagai calon Paskibraka tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar.


Empat calon Paskibraka, terdiri dari 2 pria dan 2 wanita, terpilih untuk mewakili Kabupaten Kepulauan Selayar dalam seleksi Calon Paskibraka tingkat provinsi di Makassar pada 12 Mei 2024. Hanya 2 wanita yang berhasil lolos seleksi tingkat provinsi, sementara 2 lainnya kembali menjadi calon Paskibraka kabupaten.


Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Paskibraka Kabupaten Kepulauan Selayar 2024 berlokasi di Kantor Dekranasda Kabupaten Kepulauan Selayar. Pelatihan baris-berbaris (PBB) dilaksanakan di Lapangan Pemuda Benteng dan halaman Kantor Dekranasda.


Calon Paskibraka 2024 Kepulauan Selayar tengah menerima materi dan pelatihan dari para Pelatih dari TNI, Polri dan Sat pol PP di Halaman Gedung Peninggalan Belanda (Dekranasda) (photo: Istimewa) 

Anggaran untuk kegiatan ini mencapai 1 miliar rupiah, bersumber dari APBD Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun 2024.


Tim Panitia Seleksi melibatkan berbagai unsur, termasuk perangkat daerah, TNI-Polri, praktisi, tim pemeriksa kesehatan, serta Duta Purna Paskibraka Indonesia (DPPI) dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI).


Sebagai puncak dari proses seleksi dan pelatihan, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang terpilih akan bertugas pada Upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di Lapangan Pemuda Benteng.


“Menjadi Paskibraka tidak hanya memerlukan keterampilan dan ketahanan fisik, tetapi juga semangat nasionalisme dan dedikasi tinggi. Para anggota Paskibraka diharapkan menjalankan tugas ini dengan penuh disiplin dan kehormatan sebagai simbol kebanggaan dan persatuan bangsa Indonesia,” ungkap Peltu Bachtiar.


Pelatih calon Paskibraka tahun 2024 terdiri dari personel Kodim 1415/Selayar, yaitu Peltu Bachtiar dan Serda Wahyudi; dari Polres Kepulauan Selayar, yaitu Aiptu Ramli dan Aiptu Abdul Rahim; serta Paisal dari Satpol Pamong Praja Kepulauan Selayar. (AR)

×
Berita Terbaru Update