Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Harmoni dengan Alam, Kodim 1415/Selayar Intensifkan Penanaman Pohon

Rabu, Agustus 07, 2024 | 12.29 WIB Last Updated 2024-08-07T04:29:56Z

 

Aksi Tanam Pohon oleh personel TNI AD Kodim 1415 Selayar di Dusun Irajalebo Desa Kalepadang (Photo: Istimewa). 

Realitynews.co.id - Kodim 1415/Selayar melanjutkan program unggulan "Harmoni dengan Alam," diprakarsai oleh Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, untuk menjaga ekosistem dan mengurangi risiko bencana seperti banjir dan longsor di Kepulauan Selayar.


Kodim 1415/Selayar menanam 50 dari 250 bibit pohon jenis Mahoni dan Jati di Dusun Irajalebo, Desa Kalepadang, Kecamatan Bontoharu. Kapten Inf Zainuddin, Pasiter Kodim 1415/Selayar, memimpin 20 anggota TNI dan warga setempat dalam aksi ini. Rabu (07/08/2024). 


"Penanaman pohon ini penting untuk mengatasi perubahan iklim dan musim kering yang berkepanjangan," katanya.


Persiapan Personel TNI AD Kodim 1415 Selayar laksanakan penanaman pohon (photo:Istimewa) 

Lokasi penanaman dipilih karena gersangnya bukit yang kini rentan longsor. Program ini bertujuan mengembalikan kesuburan tanah dan membangun benteng alami untuk menjaga kestabilan lingkungan.


Pj. Kepala Desa Kalepadang, Rosa Indah Hasan, S.P, dan perangkat desa mendukung penuh inisiatif ini. "Pohon-pohon ini tidak hanya mencegah bencana, tetapi juga menjadi sumber daya ekonomi yang berharga," ujar Ibu Rosa.


Kegiatan ini mengedepankan semangat gotong royong dan diharapkan menginspirasi pihak lain untuk peduli lingkungan. Penanaman pohon memberikan manfaat jangka panjang, seperti peningkatan kualitas udara dan kesejahteraan masyarakat melalui hasil hutan.


Kodim 1415/Selayar berkomitmen melanjutkan program ini ke lokasi lain yang membutuhkan rehabilitasi lingkungan, dengan harapan Kepulauan Selayar menjadi contoh pelestarian lingkungan dan pencegahan bencana. (*) 

×
Berita Terbaru Update