Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Personil Kodim 1415/Selayar Amankan KPU Selayar dari Amukan Massa Unras

Senin, Juli 29, 2024 | 13.18 WIB Last Updated 2024-07-29T05:18:08Z

 

Massa Unjukrasa Damai mulai anarkis langsung diblokade oleh personil Polres Kepulauan Selayar dibantu Personel TNI Kodim 1415 Selayar (Photo: Tim/Realitynews)

Realitynews.web.id – Personel Kodim 1415/Selayar mengikuti kegiatan Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota) yang dilaksanakan oleh Polres Kepulauan Selayar dalam rangka Kesiapan Operasi Mantap Praja Pallawa untuk menghadapi Pilkada Kepulauan Selayar 2024. Acara ini berlangsung di depan Kantor KPU Kabupaten Kepulauan Selayar, Jl. Jend. Ahmad Yani No. 12 Benteng, Senin (29/07/24).


Hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, SH, Dandim 1415/Selayar Letkol Inf Nanang Agung Wibowo, Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Adnan Pandibu, SH, S.IK, Kajari Kepulauan Selayar Hendra Syarbaini, SH, MH, Wakapolres Kepulauan Selayar Kompol Bustam, Hakim Pengadilan Negeri Kepulauan Selayar Ratyan Noer Hartiko, SH, MKn, serta para Komisioner KPU dan Bawaslu Kepulauan Selayar.


Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Adnan Pandibu, SH, S.IK, yang membuka kegiatan tersebut, menjelaskan bahwa Sispamkota dilaksanakan untuk menunjukkan kesiapan Polres Kepulauan Selayar yang didukung oleh Kodim 1415/Selayar, Satpol PP, dan Damkar serta stakeholder terkait dalam mengamankan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar 2024.


Massa unjukrasa coba terobos blokade Polisi (Photo: Realitynews.web.id) 

“Simulasi ini sangat penting untuk memastikan bahwa kami siap menghadapi segala kemungkinan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan berlangsung. Kami ingin memastikan bahwa seluruh tahapan pemilihan berjalan dengan aman dan lancar, tanpa gangguan dari pihak manapun,” ujar Kapolres.


Senada dengan itu, Dandim 1415/Selayar saat dikonfirmasi menyatakan kesiapan Satuan Kodim 1415/Selayar untuk mendukung tugas Polres dalam mengamankan pelaksanaan Pilkada Kepulauan Selayar 2024.


“Demi kepentingan bersama, kami juga mengajak seluruh komponen masyarakat, baik para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan lainnya untuk bersama-sama menjaga kondusifitas wilayah Kepulauan Selayar mulai dari awal tahapan Pilkada sampai selesai, yakni pada pelantikan nantinya,” tutup Dandim.


Komisioner KPU Kepulauan Selayar, Muhamad Arsat, menyampaikan harapannya terkait pelaksanaan simulasi tersebut. “Kami sangat mengapresiasi upaya aparat keamanan dalam menjaga kondusifitas proses pemilihan. Diharapkan, dengan adanya simulasi ini, masyarakat dapat lebih tenang dan percaya bahwa proses pemilihan akan berjalan secara jujur, adil, dan transparan. Semoga semua tahapan pemilihan dapat berlangsung tanpa hambatan dan hasilnya diterima oleh semua pihak, sehingga pemilih dapat menentukan pilihannya dengan bijak pada tanggal 27 November 2024,” ungkapnya.


Simulasi ini berjalan dengan lancar dan berhasil menunjukkan koordinasi yang baik antara Polres Kepulauan Selayar dan TNI Kodim 1415/Selayar. Diharapkan, melalui latihan ini, kesiapsiagaan dan responsivitas aparat keamanan dapat terus ditingkatkan, sehingga mampu menghadapi berbagai situasi darurat atau potensi konflik yang mungkin terjadi selama proses pemilihan kepala daerah berlangsung. (Tim)

×
Berita Terbaru Update