Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bawaslu Selayar Upayakan Pemenuhan Hak Pilih Masyarakat Rentan di Tengah Gelombang Laut Tinggi

Sabtu, Juli 13, 2024 | 17.15 WIB Last Updated 2024-07-15T09:22:44Z

 

Tim Pengawas dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Selayar melakukan patroli pengawasan di Desa Menara Indah (Photo: Istimewa)

Realitynews.web.id – Sebagai upaya memastikan seluruh warga negara, terutama mereka yang rentan, dapat menggunakan hak pilihnya, Tim Pengawas dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Selayar melakukan patroli pengawasan di Desa Menara Indah. Meskipun menghadapi gelombang laut tinggi, semangat tim untuk melaksanakan tugas tetap tinggi. Sabtu (13/07/2024).


Patroli ini dipimpin oleh Kepala Sub Bagian Pengawasan dan Humas Bawaslu Selayar, Rahmawati Nurdin, bersama Panwascam Bontomatene, dengan fokus utama pada pemilih rentan seperti penyandang disabilitas dan masyarakat adat. Dalam pemilu sebelumnya, kelompok ini seringkali terabaikan hak pilihnya dan berisiko mengalami penyalahgunaan hak pilih.


“Kami berkomitmen memastikan setiap warga negara dapat menggunakan hak pilihnya dengan aman dan nyaman, tanpa diskriminasi,” ujar Rahmawati Nurdin.


Patroli dilakukan dengan mengunjungi rumah-rumah warga, bertemu langsung dengan pemilih rentan, dan memastikan mereka mendapatkan informasi yang jelas serta akses mudah untuk menggunakan hak pilihnya. Tim juga mensosialisasikan pentingnya menjaga keaslian suara mereka dan melaporkan indikasi penyalahgunaan.


Tim Bawaslu Selayar lakukan Paroli mengunjungi rumah-rumah warga (Photo: Istimewa)


Diharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat, serta mencegah kecurangan yang merugikan hak pilih warga. “Kami mengajak masyarakat untuk turut mengawasi pemilu dan melaporkan pelanggaran,” tambah Rahmawati.


Hasil patroli mencatat beberapa warga yang menjadi sasaran pengawasan, antara lain: Sitti Aisyah (Lansia), Firmansyah (Disabilitas), Sawisna (Lansia), Hj. Hajarah (Disabilitas), Balak Kiddik (Lansia), dan Goek (Lansia).


Dari hasil patroli, Bawaslu Kabupaten Kepulauan Selayar belum menemukan dugaan pelanggaran.


Dengan patroli ini, Bawaslu Selayar berharap pemilu di Desa Menara Indah dapat berjalan lancar, jujur, dan adil, serta seluruh warga dapat menggunakan hak pilihnya tanpa terkecuali. (*)


×
Berita Terbaru Update