Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Warga Todakke Dinyatakan Hilang, Tim SAR Gabungan Selamatkan Lansia 90 Tahun

Sabtu, Juni 08, 2024 | 16.52 WIB Last Updated 2024-06-08T08:52:32Z

 

Orang tua lansia umur 90 waega dusun Todakke diselamatkan oleh tim SAR Gabungan (Photo: Ist) 

Realitynews.web.id – Sebuah operasi pencarian dan penyelamatan berhasil menyelamatkan seorang warga Lansia, Barak Lolo (90 Tahun), yang hilang di Dusun Todakke, Desa Bontona Saluk, Kecamatan Bontomatene. Barak Lolo, seorang Petani yang tinggal di Dusun Todakke, dilaporkan hilang oleh keluarganya setelah tidak kembali dari kebun pada Jumat kemarin.


Kisah bermula ketika Barak Lolo berangkat ke kebun miliknya yang berjarak sekitar 2 kilometer dari rumah pada pukul 10.00 WITA. Hingga pukul 17.50 WITA, menjelang adzan Maghrib, Pak Barak belum juga kembali. Keluarganya mulai merasa cemas dan melaporkan kejadian tersebut kepada masyarakat setempat dan aparat terkait pada pukul 19.00 WITA.


Menanggapi laporan tersebut, pada Sabtu pagi, pukul 08.00 WITA, keluarga korban menyampaikan kejadian ini kepada Camat dan Serka Jumasri, Babinsa Desa Bontona Saluk dari Koramil 1415-04/Btm, yang selanjutnya segera mengkoordinasikan pencarian bersama personel Koramil 1415-04/Bontomatene, personel Kepolisian Selayar, BPBD, Basarnas Kepulauan Selayar, serta masyarakat Bontona Saluk. Sabtu (08/06/2024).


Tim gabungan BPBD dan Basarnas Kepulauan Selayar tiba di lokasi pencarian pada pukul 11.00 WITA dan langsung melakukan penyisiran areal kebun, hutan dan sekitarnya. Usaha gigih ini membuahkan hasil pada pukul 13.30 WITA, ketika Tim gabungan menemukan Bapak Barak Lolo dalam keadaan sadar, meskipun mengalami dehidrasi dan kelaparan.


Menurut informasi, Barak yang sudah lanjut usia memang terbiasa dijemput setelah bekerja di kebun karena kondisi kesehatannya yang tidak memungkinkan untuk bepergian jauh sendirian. Diduga, faktor usia dan kesehatannya inilah yang menyebabkan ia kesulitan untuk kembali dari kebun.


Evakuasi korban dilakukan oleh Basarnas, BPBD, Kodim 1415/Selayar, Polsek dan masyarakat setempat. Pak Barak Lolo kemudian mendapat penanganan medis untuk mengatasi dehidrasi dan kelaparan yang dialaminya.


Insiden ini mengingatkan pentingnya perhatian terhadap Lansia yang masih aktif bekerja di lapangan, serta perlunya koordinasi cepat antara keluarga, masyarakat, dan aparat dalam situasi darurat. Berkat kerjasama yang baik dari berbagai pihak, nyawa Bapak Barak Lolo berhasil diselamatkan. (*) 

×
Berita Terbaru Update