Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Rakor Kesiapan Pilkada Serentak 2024: Menko Polhukam Tekankan Netralitas dan Sinergitas untuk Pemilu Aman

Kamis, Juni 27, 2024 | 15.01 WIB Last Updated 2024-06-27T07:02:23Z

 

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar bersama Forkopimda Kepulauan Selayar Ikut Rapat Koordinasi Kesiapan Pilkada serentak 2024 di Claro Hotel Makassar (Photo: Ar/realitynews.web.id) 

Realitynews.web.id – Kementerian Polhukam Republik Indonesia menggelar rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 untuk Wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku diselenggarakan di Hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (26/6/2024). 


Upaya memastikan pemilu berlangsung damai dan sukses khususnya di Kabupaten Kepulauan Selayar, Rakor tersebut dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, SH, Forkopimda Selayar Dandim 1415 Selayar, Letkol Inf Nanang Agung Wibowo, Kajari Selayar, Hendra Syarbaini, SH, MH dan Kapolres Selayar, AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra bersama 700 orang terdiri dari berbagai lembaga kementerian terkait, TNI Polri, Kejaksaan pemkot dan pemda dan undangan lainnya. 


Acara akbar ini juga dihadiri langsung oleh pihak penyelenggara pemilu tingkat kabupaten, Ketua KPU Kepulauan Selayar, Andi Dewantara dan Ketua Bawaslu Selayar, Nurul Badriah untuk memastikan proses terselenggaranya

momen penting terciptanya demokrasi lokal yang akan menentukan masa depan bangsa dalam memilih calon kepala daerah di tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang. 


Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, SH bersama para Kepala Daerah lainnya (Photo: AR/realitynews.web.id) 


Dalam rakor, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengawali sambutannya mengatakan bahwa, untuk menjamin keamanan dalam penyelenggaraan pilkada serentak yakni netralitas dan sinergitas. 


“Apabila netralitas dan sinergitas terbangun dan tetap terjaga maka pelaksanaan pilkada serentak nanti akan dijamin aman di seluruh wilayah. Apa lagi saat ini hadir, menjaga keamanan dalam pelaksanaan Pemilu yaitu Gakkumdu, penegakan hukum terpadu ada bawaslu, Jaksa dan kepolisian. Jelas, langsung mendengarkan apa yang kita sampaikan,” ungkapannya. 


Menko Polhukam juga meminta seluruh kementerian dan lembaga terkait untuk menjaga stabilitas politik, hukum dan keamanan jelang pelaksanaan Pilkada serentak 2024 serta meminta TNI, Polri dan BIN untuk memetakan wilayah yang berpotensi terjadi konflik di seluruh daerah-daerah penyelenggaraan Pilkada 2024.


Dandim 1415 Selayar, Letkol Inf Nanang Agung Wibowo bersama Dandim 1407 Bone, Letkol Inf Moch. Rizqi Hidayat Djohar dan Dandim 1420 Sidrap Letkol Inf Dodi Nur Hidayat (Phpto: AR/realitynews.web.id) 

“Tentunya kita sepakat, bahwa seluruh komponen bangsa dan negara perlu menjaga stabilitas politik, hukum dan keamanan dalam pelaksanaan Pilkada 2024,” Tegas Hadi Tjahjanto. 


Lebih lanjut, Menko Polhukam menyampaikan tugas masing-masing komponen penyelenggara pemilu, harus onder trec dalam fungsi dan kewenangannya. bertindak netral dan berintegritas serta menjamin hak pilih setiap masyarakat.


Menko Polhukam juga menekankan bahwa pemerintah pusat dan daerah berkewajiban memberikan dukungan dan memfasilitasi dalam penyelenggaraan pilkada. 


“Dukungan dan fasilitas tersebut berupa, Sama hal yang disampaikan PJ Gubernur, saya kira yang lain juga setuju yakni menjamin terciptanya ketentraman dan ketertiban umum dan ketersediaan anggaran,” Jelasnya. 


Kajari Kepulauan Selayar Hendra Syarbaini, SH, MH bersama undangan Jajaran Kajari lainnya (Photo: AR/realitynews.web.id) 

Sebelum menutup materinya Menkopolhukam memaparkan langkah strategis Menko Polhukam dalam mengawal pelaksanaan Pilkada 2024, langkah strategis pemerintah daerah yang perlu dioptimalkan dalam menjaga stabilitas politik, hukum dan keamanan sebagai elemen pemerintahan yang terdekat dengan penyelenggara Pilkada. Menghindari tumpang-tindih antara pusat dan daerah, meningkatkan peran forkopimda dalam menjaga stabilitas Polhukam dan meningkatkan peran pembinaan kepada masyarakat, lintas agama. Menjaga kerukunan antar suku dan umat beragama. 


“mari bersama-sama terlibat menjaga persatuan dan kesatuan untuk menghindari polarisasi di masyarakat. Ini pesta kita, hasilnya juga untuk kita, mari kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa Jagan dikorbankan,” Pintanya. 


Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra berama Jajaran Pejabat Kapolres lainnya (Photo; AR/realitynews.web.id) 


Tingkatkan pendidikan politik dengan memberikan edukasi kepada masyarakat guna mewujudkan terselenggaranya pesta demokrasi yang aman, damai, kondusif dan berkualitas. (AR) 

×
Berita Terbaru Update