Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Peringatan Hari Pancasila Dandim dan Kajari Selayar Dorong Mencintai Keberagaman Bangsa

Sabtu, Juni 01, 2024 | 11.48 WIB Last Updated 2024-06-01T05:56:01Z

 

Dandim 1415 Selayar, Letkol Inf Nanang Agung Wibowo dan Kajari Selayar Hendra Syarbaini SH, MH serahkan bendera Marah putih kepada pejabat Pemda Selayar (Photo: Ist) 

Realitynews.web.id – Upacara peringatan hari lahir Pancasila yang digelar Pemkab Kepulauan Selayar bertajuk “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Sabtu (01/06/2024) Pagi. 


Sekretaris Daerah Drs. Mesdiyono, M.Ec., Dev Bertindak sebagai inspektur upacara dan pembacaan pidato seragam Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, yang diawali dengan mengajak komponen bangsa untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia, selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integrasi, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia” ucap Mesdiyono


Sekda Mesdiyono juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui dengan bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.




Upacara ini juga turut dihadiri Dandim 1415 Selayar, Letkol Inf. Nanang Agung Wibowo, Kajari Selayar Hendra Syarbaini.SH.MH, Ketua DPRD yang diwakili H. Andi Idris, Kapolres AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra, para asisten dan staf ahli Bupati, para Kepala Perangkat Daerah dan para Aparatur Sipil Negara lingkup Selayar.


Kepada awak media Dandim Selayar mengatakan bahwa momentum peringatan hari pancasila ini dapat memberikan semangat lebih mencintai keberagam bangsa dan saling peduli antar warga negara dalam sebuah negara Republik. 


“ Dalam momentum ini saya mengajak semua pihak untuk dijadikan sebagai pembakar jiwa nasional, mencintai sesama warga negara yang beragam dari Sabang sampai Merauke” Ungkapnya. 


Kajari Selayar Hendra Syarbaini. SH. MH mengatakan, Hari lahir Pancasila diperingati sebagai bukti syukur kita terhadap azas dan ideologi bangsa kita yang besar. Sebuah landasan berdiri kokohnya bangsa Indonesia. Yang mempersatukan berbagai suku bangsa di bumi Nusantara. Keberagaman budaya, bahasa, agama dipersatukan oleh Pancasila. Kita harus memahamkan ini kepada generasi muda kita. Pancasila perekat bangsa. Ungkap Kajari Selayar


Setelah upacara selesai, dilaksanakan penerimaan Bendera merah putih yang diserahkan langsung Dandim 1415 Selayar, Kajari Selayar, dan Kapolres kepada Aparatur Sipil Negara Lingkup Pemkab Selayar. (*) 

×
Berita Terbaru Update