Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Libatkan Instansi Terkait, Dandim Selayar Gelar Rakor Persiapan Lomba Kampung Pancasila 2024

Senin, Juni 24, 2024 | 13.40 WIB Last Updated 2024-06-24T05:40:04Z

 

Dandim 1415 Selayar menggelar rapat koordinasi bersama instansi terkait, kepala desa dan karang taruna membahas persiapan lomba Kampung pancasila di Makakodim (Photo: Ar/realitynews.web.id)

Realitynews.web.id -- Dalam rangka mendukung dan mensukseskan pembentukan Kampung Pancasila, Dandim 1415 Selayar, Letkol Infanteri Nanang Agung Wibowo, mengadakan rapat koordinasi di aula rapat Makodim 1415/Selayar, Jalan Kelapa No 10, Kelurahan Benteng, Kecamatan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, pada Senin (24/06/2024).


Rapat koordinasi ini dihadiri oleh berbagai instansi Pemerintah Daerah, Kepala Desa, dan organisasi masyarakat yang bersatu padu menyusun strategi demi kesuksesan KASAD Award Lomba Kampung Pancasila 2024. Hadir di antaranya perwakilan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kesbangpol, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan KUKM, Dinas Pariwisata, BPBD, Camat Bontomanai, Kepala Desa Bonea Timur, serta Karang Taruna.


Fokus utama rapat ini adalah menunjuk dan mempersiapkan Desa Bonea Timur, Kecamatan Bontomanai, sebagai peserta Lomba Kampung Pancasila tahun 2024, serta membahas teknis pelaksanaan lomba tersebut.


Terkait penyelenggaraan KASAD Award Kampung Pancasila, Dandim 1415 Selayar menyebutkan bahwa lomba ini diadakan setiap tahun dengan tujuan menumbuhkan rasa cinta tanah air, semangat nasionalisme, dan patriotisme. Selain itu, lomba ini bertujuan untuk menanamkan kembali nilai-nilai luhur Pancasila di lingkungan masyarakat guna menangkal berbagai ancaman, terutama yang berkaitan dengan ideologi Pancasila demi tegaknya NKRI. TNI AD juga bekerja sama dengan PT. Astra International Tbk dalam penguatan kegiatan Teritorial TNI AD.


Letkol Inf Nanang Agung Wibowo juga menjelaskan bahwa technical meeting lomba telah dilakukan secara daring pada 20 Juni 2024, yang dihadiri oleh seluruh Kotama TNI AD dari tingkat Kodam, Korem, dan Kodim. Pada rapat tersebut, dijelaskan teknis dan mekanisme lomba oleh Staf Teritorial TNI AD Mabesad.


Tahun ini, ada empat kategori penilaian dalam Lomba Kampung Pancasila, yaitu:

1. Pembinaan Ketahanan Pangan

2. Pembinaan UMKM

3. Pembinaan Wanra 

4. Pembinaan Karang Taruna


Penilaian akan dilakukan melalui video berdurasi 10 menit yang dikirim secara online dan secara offline, inspeksi langsung oleh tim juri.


Dandim 1415/Selayar berharap ada kerja sama yang maksimal dari seluruh stakeholder, agar Desa Bonea Timur bisa lolos seleksi tingkat Kodam XIV/Hasanuddin dan menuju Mabesad untuk mengharumkan nama Kabupaten Kepulauan Selayar. Selain itu, potensi Desa Bonea Timur diharapkan bisa lebih dikenal luas.


Harapannya memenangkan salah satu kategori dari Lomba Kampung Pancasila yang akan diumumkan pada KASAD Award Kampung Pancasila pada tanggal 12 Desember mendatang. Akan ada sebanyak 12 pemenang Kampung Pancasila dari 4 kategori tersebut, yang akan menjadi Desa binaan dari PT. Astra International Tbk.


"Mari kita dukung Desa Bonea Timur untuk meraih kemenangan dan menjadi model Desa yang inspiratif di seluruh Indonesia," ujar Letkol Inf Nanang Agung Wibowo dengan penuh semangat.


Dandim 1415/Selayar juga menyerukan kerja sama dari semua pihak. "Kami butuh dukungan maksimal dari seluruh stakeholder, dari Pemerintah Daerah hingga masyarakat Desa. Bersama-sama, kita bisa mengangkat nama Kepulauan Selayar dan menunjukkan kekuatan kita di tingkat nasional," Harap Dandim. 

×
Berita Terbaru Update