Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Sambut HUT ke-67 Kodam XIV Hasanuddin, Dandim 1415/Selayar Pimpin Warga Tanam Pohon

Sabtu, Mei 25, 2024 | 12.10 WIB Last Updated 2024-05-25T04:19:49Z

 

Dandim 1415 Selayar Letkol Infanteri Nanang Agung Wibowo pimpin penanaman pohon Jabon di tepi jalan curam Desa Bonea Timur (Photo: Andi/Realitynews) 

Realitynews.web.id – Dandim 1415 Selayar, Letkol Inf. Nanang Agung Wibowo bersama warga Desa Bonea Timur melaksanakan kegiatan penanaman pohon di sepanjang tepi jalan yang curam dalam rangka menyambut HUT ke-67 Kodam XIV Hasanuddin 1 Juni 2024. Sabtu, (25/05/2024).


Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya tanah longsor yang berada di daerah milik jalan yang curam di lokasi sasaran TMMD 120 tahun 2024.


Kegiatan penanaman pohon ini diikuti oleh puluhan warga desa, Kepala Desa Bonea Timur Beserta perangkatnya, Persit KCK 1415 Selayar, Karang Taruna Bonea Timur, Siswa SMA serta sejumlah anggota TNI AD, TNI AL dan TNI AU turut berpartisipasi. 


Dandim Letkol Inf Nanang Agung Wibowo dalam proses penanam itu menyampaikan, bahwa sebelum penaman pohon Jabon ini, telah lebih awal melakukan penanam pohon mangrove disepanjang perisir pantai dekat pemukiman nelayan di Dusun Padang Desa Bontosunggu.


Dandim 1415 Selayar bersama Kades desa Bonea Timur, pelajar, Karang Taruna, personil TNI AL, AU, dan masyarakat. 

“Kegiatan penanan pohon magrove dan Jabon ini untuk menyambut HUT ke 67 Kodam XIV Hasanuddin. Selain itu, Kami berkomitmen untuk terus mendukung program penghijauan dan pelestarian lingkungan. Kegiatan ini bukan hanya untuk mengantisipasi tanah longsor, tetapi juga untuk memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.” ungkapnya. 


Sementara itu, Kepala Desa Bonea Timur, Fatri Edy mengapresiasi inisiatif dan bantuan dari pihak TNI. “Kegiatan ini sangat penting bagi kami. Dengan adanya penanaman pohon ini, kami berharap dapat mengurangi risiko tanah longsor yang kemungkinan besar terjadi jika hujan lebat.”


Penanaman pohon ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat ekologis lainnya, seperti meningkatkan kualitas udara, menyediakan habitat bagi satwa liar, dan memperbaiki tata air tanah. Selain penanaman pohon, warga desa juga diberikan pelatihan singkat tentang cara merawat pohon yang telah ditanam agar tumbuh dengan baik dan kuat.


Dengan semangat gotong royong dan kebersamaan, kegiatan penanaman pohon ini berjalan lancar dan diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. (Tim) 

×
Berita Terbaru Update