Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Antisipasi Banjir, Babinsa Ajak Warga Angkat Sampah Aliran Sungai Dusun Latokdok

Minggu, Mei 05, 2024 | 13.09 WIB Last Updated 2024-05-05T05:09:05Z

 

Babinsa, Kopda Furkan bersama warga bersihkan samalah di aliran Sungai Dusun latokdok (Photo: Ist) 

Realitynews.web.id, Kepulauan Selayar - Suatu langkah konkret dalam mengantisipasi terjadinya banjir, Babinsa Desa Kalaotoa Koramil 1415-03/Pasimarannu, Kopda Furkan bersama masyarakat yang membersihkan Sungai di Dusun Latokdok Timur, Kecamatan Pasimarannu, Kepulauan Selayar, Minggu (05/05/2024).


Hal tersebut dilakukan karena ditemukan banyaknya berbagai macam sampah yang menutupi aliran sungai, ranting pohon, bambu, dedaunan, sampah plastik lainnya. 


Keberadaan sampah itu telah menutupi sebagian badan aliran sungai menuju laut, sehingga dikhawatirkan akan menjadi penyebab banjir jika terjadi hujan lebat. 


Kopda Furqan mengatakan selain mencegah terjadinya banjir, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan baik antara Babinsa dan warga yang dibinanya.


“ Hari ini kami melakukan pembersihan sampah di Sungai guna mencegah genangan air saat hujan deras, dan melalui kegiatan ini kami berusaha membangun kebersamaan dalam masyarakat,” ungkapnya.


Pembersihan dilakukan sepanjang jangkauan mereka, mengumpulkan dan mengangkut serta menyimpan di tempat semestinya. 


”Sebagai Babinsa, saya meminta dan mengingatkan warga agar tidak membuang sampah di sungai, karena dampaknya akan dirasakan kembali ke sendiri, seperti banjir atau penyakit yang timbul akibat lingkungan yang kotor,” ucap Kopda Furkan. (*) 

×
Berita Terbaru Update