Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Panen Raya Padi Serentak Via Vicon, Dandim 1415/Selayar Ajak Wujudkan Nanpangan

Kamis, April 18, 2024 | 14.49 WIB Last Updated 2024-04-18T06:49:48Z

 

Kodim 1415 Selayar Panen Raya Padi di Dusun Tanah Harapan Desa Bontotangnga, Kecamatan Bontoharu (Photo: Ist) 

Realitynews.co.id, Kepulauan Selayar – TNI Angkatan Darat (AD) saat ini juga berperan dan berpartisipasi membantu program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional. Komando Distrik Militer 1415 Selayar gelar panen raya padi di Dusun Tanah Harapan Desa Bontotangnga, Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar. Kamis, (18/04/2024). 


Panen raya padi ini juga dilaksanakan serentak oleh Kodim yang berada di jajaran Kodam XIV/Hasanuddin melalui Vicon. Panen Raya Padi Serentak ini dipusatkan di Kabupaten Pangkep oleh Kodam XIV/Hasanuddin dipimpin oleh Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P. 


Melalui Vicon Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P. mengatakan banyak terima kasih atas terlaksananya kegiatan panen raya serentak. Sesuai informasi dari Kementerian Pertanian, saat ini khususnya di wilayah Sulawesi Selatan masih termasuk 10 besar dalam program optimalisasi lahan. 


“Harapan kita semua bahwa target-target yang disampaikan kepada kita ini bisa kita Kawal bersama bahkan mungkin harapan saya sebagai salah satu lumbung pangan Nasional Sulawesi Selatan ini masuk 10 besar,” tegasnya. 


Pangdam berharap kedepannya jika terjadi ancaman El Nino, para Komandan Satuan harus betul-betul bekerja dengan optimal dengan niat yang ikhlas. 



Lebih lanjut Pangdam juga menghimbau agar masyarakat Sulawesi Selatan bisa mandiri pangan, sehingga bisa terpenuhi kebutuhan pangan sehari-hari bukan hanya slogan semata Harus direalisasikan. Beliau juga mengajak semua para Komandan satuan dan prajuritnya yang di daerah untuk bersama-sama mendorong atau menjaga program yang sudah dicanangkan oleh pemerintah.



Demikian hal yang disampaikan oleh Dandim 1415/Selayar, Letkol Infantri Nanang Agung Wibowo mengatakan bahwa upaya mewujudkan dan mengkoneksikan program ketahanan pangan ini perlu kolaborasi semua pihak terus menerus. 


“Sesuai arahan komando atas kami telah melaksanakan dan semua yang kita lakukan ini memang diperlukan kerjasama semua pihak. Dalam hal ini, antara pemerintah daerah, Dinas Pertanian, tenaga Penyuluh Pertanian dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pertanian,” ungkapnya. 


Dandim juga mengajak para petani untuk terus berkoordinasi dengan Penyuluh lapangan terkait kendala atau masalah yang dihadapi. Baik masalah pengelolaan tanah, pengendalian hama dan pengelolaan hasil panen. 


Dalam kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Camat Bontoharu Andi Batara Gau, Umi Asyimar (Koordinator Bidang Pertanian Kec. Benteng dan Kec. Bontoharu), M. Agus ( Kabid PSP Dinas Pertanian), Ny. Irhamni Nanang (Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Kodim 1415/Selayar) bersama anggota dan para petani. (AR) 

×
Berita Terbaru Update