Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jaga Kelestarian Biota Laut, Babinsa Bontona Saluk Edukasi Siswa Menanam Mangrove

Senin, April 15, 2024 | 12.12 WIB Last Updated 2024-04-15T04:12:22Z

Babinsa edukasi siswa dengan menanam mangrove di pantai (photo: Ist) 

Realitynews.web.id, Kepulauan Selayar – Kehadiran mangrove memiliki fungsi yang sangat penting bagi lingkungan hidup kita, diantaranya sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai, dengan kata lain tumbuhan mangrove mampu untuk menahan air laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai.


Sadar akan fungsi yang penting itulah Babinsa Desa Bontona Saluk Koramil 1415-04/Bontomatene, Serka Jumasri mengajak siswa-siswi dengan menanam pohon mangrove di Pantai Langsangiring Dusun Saluk Desa Bontona Saluk Kecamatan Bontomatene bersama, Senin 15/4/24.


Disela kegiatan itu, Serka Jumasri menyampaikan jika kegiatan ini merupakan salah satu pembelajaran bagi siswa-siswi bahwa fungsi dari hutan mangrove berhubungan erat dengan kehidupan manusia dan kelangsungan habitat ikan di wilayah pesisir pantai. 


” Seperti kita ketahui bersama kalau hutan bakau memiliki peranan penting yang cukup besar pada pelestarian ekosistem pesisir pantai, maka dari itu melalui kegiatan ini kami ingin mengedukasi anak sekolah yang merupakan generasi penerus bangsa untuk peduli terhadap ekosistem pantai dengan gemar melaksanakan penanaman mangrove baik itu secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri saat ada waktu luang,” tuturnya. 


Serka Jumasri juga menambahkan, bahwa saat ini tak dapat dipungkiri bahwa kawasan hutan mangrove ini menghadapi berbagai macam masalah diantaranya masih kurangnya kesadaran warga untuk melestarikan dan menjaganya. 


” Saya selaku Babinsa ingin mengajak warga untuk bersama-sama mencegah erosi dan abrasi di pantai dari gempuran gelombang laut dengan cara menanam pohon mangrove sebanyak mungkin,” Ungkap Babinsa Serka Jumasri. (*)

×
Berita Terbaru Update