Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Hujan Deras Rendam 20 Rumah, Babinsa Barugaia Ajak Warga Normalisasi Drainase

Rabu, April 24, 2024 | 17.16 WIB Last Updated 2024-04-24T09:16:01Z
Hujan deras rendam 20 rumah di Desa Barugaia Kepulauan Selayar (photo: Ist) 

Realitynews.web.id, Kepulauan Selayar - Akibat Hujan deras sejak subuh, sekitar 20 rumah warga terendam banjir setinggi lutut orang dewasa di Desa Barugaia Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar Sulsel. Rabu (24/04/2024). 

Selain itu, di beberapa tempat dilaporkan terjadi banjir akibat luapan air sungai, pohon tumbang dan jalan ambles berbagai wilayah Kepulauan Selayar. 

Dari keterangan yang disampaikan oleh seorang Babinsa Barugaia Sertu Suardi yang sementara bertugas di wilayah Koramil 1415-04/Btm jajaran Kodim 1415/Selayar, bahwa banjir terjadi sejak pukul 05.00 Wita di Dusun Tulang dan Dusun Pajalaia.

Babinsa Barugaia, Sertu Suardi normalisasi drainase yang tersumbat (photo: ist) 

“Setelah kami bersama warga lakukan penelusuran aliran air menuju laut, kami menentukan drainase tertutupi berbagai macam sampah dan ranting pohon. Walaupun sudah dibersihkan, tidak banyak mempengaruhi tinggi debit air,” Ungkap Sertu Suardi. 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa ukuran drainase sudah tidak mampu lagi mengalirkan debit air hujan yang besar, ditambah air laut yang juga pasang saat itu. 

Usai membersihkan sumbatan drainase, Sertu Suardi berkeliling pemukiman memastikan warganya aman dan menghimbau agar sementara mematikan aliran listrik guna mencegah korsleting listrik. 

Berbagai usaha yang dilakukan Babinsa bersama warga membuahkan hasil. Sekitar pukul 11.00 wita, dilaporkan air mulai berangsur-angsur surut. 

Warga berharap agar pemerintah setempat dapat memperbesar saluran drainase drainase, agar tidak terjadi hal serupa setiap musim hujan. (*) 


×
Berita Terbaru Update