Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pemda Selayar Siapkan Mudik Gratis Bagi Pelajar dan Mahasiswa, Buruan Daftar

Minggu, Maret 31, 2024 | 23.27 WIB Last Updated 2024-03-31T15:27:58Z

 

Mahasiswa dan Pelajar asal Kabupaten Kepulauan Selayar koordinasi persiapan mudik gratis (photo: Ist) 

Realitynews.web.id, Kepulauan Selayar - Jika merujuk Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2024 yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) RI, maka tanggal 21 Ramadhan 1445 H bertepatan dengan 1 April 2024. Maka Hari Raya Idul Fitri 2024 tidak lama lagi, diperkirakan akan jatuh pada tanggal 10 April 2024.


Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Dinas Perhubungan akan memfasilitasi Mahasiswa dan pelajar asal Selayar yang sedang menempuh pendidikan di Makassar dengan mudik gratis. Hal ini merupakan program tahunan menjelang hari raya idul fitri. 


Kepala Dinas Perhubungan, Drs. Suardi, MM selaku penanggung jawab program mengatakan bahwa Pendaftar calon peserta mudik gratis dengan jumlah  kuota 350-an, lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Pemberkatan dari Makassar ke Selayar mulai dibuka pada 4 -5 April 2024 untuk Rute Bira ke pulau-pulau menggunakan KM Takabonerate dan rute Bira ke Benteng menggunakan KM Express Bahari. 


”Selanjutnya panitia juga membuka pendaftaran Gelombang ke 2 yang akan diberangkatkan tanggal 7 April 2024,” ungkapnya Kadishub Selayar saat dihubungi Minggu (31/3/2024).


Lebih lanjut, Drs. Suardi mengatakan agar tidak mengganggu penumpang umum, bus yang akan digunakan dalam mudik gratis bukanlah milik swasta melainkan armada Dishub Pemprov Sulawesi Selatan. 


“Armada bus yang kami gunakan bekerjasama dengan Dishub Provinsi SulSel, agar tidak mengganggu pemudik umum yang menggunakan armada transportasi umum Makassar – Selayar,” Ujarnya.


Kadishub Selayar menambahkan bahwa program ini akan tetap berlanjut pada tahun-tahun selanjutnya. Mengenai titik pemberangkatan sementara ada dua opsi, yankni para peserta mudik gratis bakal diberangkatkan dari Terminal Malengkeri Makassar atau Kantor Bank BPD SulSelbar jl. Ratu Langi, tegasnya.


Pamplet mudik gratis

Awis Rigo kader dari Gerakan Mahasiswa Pelajar Pasilambena (GMPP) Selaku koordinator Mahasiswa mudik, mengungkapkan bahwa Mudik Gratis merupakan sesuatu yg dinanti-nantikan oleh sebagian besar Mahasiswa dan Pelajar asal Selayar.


“Dalam momentum jelang Hari Raya Idul Fitri, dimana kita menaruh harapan besar untuk bisa merayakannya bersama keluarga di kampung halaman. Kami merasa terbantu dengan hadirnya program Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Pemkab Selayar dalam hal ini Dishub yang secara tidak langsung menyegarkan harapan kami sebagai Mahasiswa Kepulauan Selayar," Ungkap Waris. 


Awis Rigo juga menegaskan bahwa kegiatan Ini bukan pertama kali Dishub menyelenggarakan Mudik Gratis, akan tetapi dari tahun-tahun kemarin bahkan sudah menjadi tradisi tahunan Pemerintah Kab. Kepulauan Selayar.


Mewakili sebagian Besar Mahasiswa & Pelajar Kabupaten Kepulauan Selayar juga mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada Pemkab Selayar, terkhususnya Dinas Perhubungan yang selalu berupaya merealisasikan Program Mudik Gratis. (Waris) 

×
Berita Terbaru Update