Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Raker Tahun ke-3 APKLI Bone Hasilkan Rumusan Program Pemulihan Ekonomi Nasional

Rabu, Januari 03, 2024 | 10.46 WIB Last Updated 2024-01-05T12:07:17Z


Realitynews, Bone – Asosiasi Pedangan Kaki Lima (APKLI) Perjuangan Kabupaten Bone melaksanakan Rapat Kerja Tahun ke 3 yang dihadiri langsung Dewan Pembina APKLI berlangsung di Bunir Cafe Jalan Jendral Sudirman pada Selasa, (02/01/2024) kemarin.

Rapat kerja tersebut menghasilkan beberapa Rumusan untuk menjadi program APKLI Perjuangan tahun Anggaran 2024, tetap menjalankan program gerakan ekonomi kreatif dalam pemulihan ekonomi nasional,

Semua pelaku UKM dan pedagang kaki lima wajib memiliki Nomor induk berusaha Atau NIB, NPWP, KTA APKLI sebagai legalitas dalam menjalankan ususahanya.


Dalam sambutannya dihadapan pengurus dan dua dewan Pembina dalam rapat kerja tersebut, Ketua DPW APKLI Perjuangan propinsi Sulawesi Selatan, Iwan Hammer mengungkapkan bahwa memasuki Tahun politik 2024 diharapkan tidak berbenturan dengan kegiatan Nasional.

"Tahun 2024 negara kita akan melakukan Pesta demokrasi yaitu Pemilu, pilpres dan Pilkada Bupati dan Gubernur, semoga Kegiatan kegiatan Kita tidak berbenturan dengan kegiatan nasional ini," ungkapnya.


Dr Ade Fery Afrizal menyampaikan bahwa kehadiran APKLI sudah sangat dirasakan Masyarakat, saat ini mampu menggerakkan roda perekonomian dan pemberdayaan PKL, namun perlu di iringi dengan keberpihakan pemerintah daerah terhadap para PKL.


Ada beberapa kebijakan yang penting terkait dengan perlindungan, penataan serta pemberdayaan memang sudah ada, namun tentunya tetap perlu dilakukan evaluasi baik dari sisi penertiban. Maupun penataan yang masih jauh dari substansi lahirnya perda tentang perlindungan, penataan dan pemberdayaan PKL. Sehingga kedepannya perlu kita lakukan duduk bersama antar stakeholder untuk merumuskan kebijakan yang mengakomodir kepentingan bersama."Tutup" dewan Pembina APKLI Perjuangan kab Bone.

 

Agus Mu'Mar S.T Dewan Pembina APKLI Perjuangan kab Bone bidang tehnik menuturkan "APKLI telah 3 tahun berkarya memobilisasi ibarat parade PKL hingga kekecamatan kecamatan, ini menggerakkan ekonomi menjadi lokomotif ekonomi, di setiap lokasi ia menjadi stimulan bagi pedagang kecil untuk semangat terus bergerak. 


Mestinya ini membuka mata bagi pemerintah kabupaten untuk terlibat aktif dalam program kerja APKLI ini. utamanya Instansi yang sangat dekat tupoksinya dengan pemberdayaan ekonomi. seperti Dinas Koprasi dan dinas  perindustrian dan perdagangan. 


saya melihat kondisi dan paham keluhan dan keterbatasan teman teman pengurus APKLI, bahwa sarana yang digunakan saat ini sangat terbatas, seperti Wahana Permainan yang sangat dibutuhkan sebagai sarana pendukung pasar.


Juga mestinya APKLI telah memiliki lokasi sendiri dengan melihat keseriusan dan progres program APKLI yang tidak pernah berhenti sejak oktober 2021, dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional dalam bingkai "Festival Pedagang Kaki Lima" yang telah direalisasikan pada 30 titik lokasi selama  3 tahun ini".


Sejak dilantik dan dikukuhkan oleh ketua umum DPP APKLI Perjuangan Pusat Dr. Alimahsun Atmo M Biomed, pada bulan Maret 2021, Asosiasi pedagang kaki lima Indonesia Perjuangan Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan telah melaksanakan berbagai kegiatan sosial dan Gerakan Ekonomi kreatif dalam bingkai pemulihan ekonomi nasional di sejumlah titik kecamatan di Wilayah kabupaten Bone.

Kegiatan yang dilakukan APKLI perjuangan jauh sebelum pelantikan, diketahui telah melaksanakan pendataan Bantuan Presiden Usaha Mikro (BPUM) dengan sejumlah penerima sebanyak 1887 orang penerima bantuan senilai Rp. 2.400.000/orang, Bantuan BPUM tahap kedua senilai Rp 1.200.000 dengan jumlah penerima sebanyak 3.478 orang, selanjutnya Bantuan Minyak goreng dalam bentuk dana senilai Rp 600.000 yang dibagikan oleh TNI dengan penerima sebanyak 5000 lebih dari 29 ribu penerima di Kabupaten Bone.


Pada masa Covid 19, APKLI Bone bagikan Bantuan sembako dari Ningsih inchy salah satu pemerhati sosial sebanyak 1873 Paket sembako ke pelaku UKM terdampak dengan nilai Rp 78.953.000 untuk kegiatan sosial APKLI Pernah berkolaborasi dengan Kadin Bone, HIPMI Bone didukung Pemkab Bone, Polres Bone, Kodim 1407/Bone, Brimob Batalyon C Pelopor Bone gelar Vaksinasi Massal dan Donor darah bulan September dilapangan Merdeka.


Donor darah di Expo APKLI -Tano pada bulan Oktober 2021.bagikan Bantuan Paket Sembako Beras dan minyak goreng Dari Bareskrim Mabes polri diserahkan oleh AKBP Ardiansyah S.Ik (Kapolres Bone waktu itu) sebanyak 1687 Paket Untuk PKL terdampak covid 19.



×
Berita Terbaru Update