Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Babinsa 1415-02/Pasimasunggu Ajarkan Kedisiplinan Usia Dini Melalui Latihan PPB

Minggu, Januari 07, 2024 | 12.20 WIB Last Updated 2024-01-07T04:20:05Z

Babinsa Pasimasunggu pimpin siswa SD senam pemanasan sebelum latihan PBB (photo: Ist) 

Realitynews, Kepulauan Selayar – Serka Samsuddin seorang babinsa di Desa Tambuna yang setiap saat melatih Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada anak didik sekolah dasar (SD) Inpres Nomor 118 Pasitallu Kabupaten Kepulauan Selayar. 


Menurutnya latihan PBB itu sangat penting diajarkan kepada anak usia dini, selain untuk melatih ketangkasan juga sebagai latihan fokus dan kedisiplinan. 


“ Jika para siswa sudah dilatih di masa awal pertumbuhannya, maka setelah dewasa akan terbiasa mendisiplinkan diri, yang nantinya akan berguna dalam kesehariannya,” ucapnya. 


Sebagai anggota TNI yang ditugaskan di wilayah koramil 1415-02 Pasimasunggu, mengungkapkan keinginannya melihat generasi pelanjut bangsa Indonesia yang memiliki kedisiplinan yang tinggi dan mental yang kuat dalam menghadapi perkembangan  zaman. 


“Latihan yang kami berikan berupa latihan Peraturan Baris Berbaris, Peraturan Penghormatan dan Dasar-dasar Kedisiplinan serta latihan tata upacara sebagai bekal mereka untuk diterapkan pada kegiatan seperti upacara bendera, gerak jalan, atau perlombaan lainnya ” lanjutnya. 


Pemberian materi diawali pemberian contoh gerakan agar dapat dilihat dan diikuti oleh seluruh siswa-siswi dimana materi dimulai dengan tatacara sikap sempurna, penghormatan, lengcang kanan, balik kanan, hadap kanan/kiri, dan dilanjutkan gerakan berjalan yakni langkah biasa dan langkah tegak. 


Para siswa-siswi terlihat antusias dengan pelatihan yang diberikan oleh Babinsa yang saat pemberian teori mereka memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan oleh Babinsa dan juga pada saat praktek mereka pun terlihat penuh bersemangat mengikuti gerakan demi gerakan yang dilatihkan.

×
Berita Terbaru Update