Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

KRI Dewa Ruci Lanjutkan Pelayaran, Begini Harapan Letda Laut Erwanto Untuk Selayar

Sabtu, Desember 02, 2023 | 16.44 WIB Last Updated 2023-12-02T10:21:34Z


RealityNews, Selayar – Komandan Pos Angkatan Laut (Danposal) Letda Laut (P) Erwanto dilepas langsung oleh KRI Dewaruci setelah 3 hari bersandar di Pelabuhan Rauf Rahman Benteng, Jum'at (01/12/2023).

Sebelum meninggalkan pelabuhan Rauf Rahman Benteng, Komandan KRI Dewa Ruci menerima Sejumlah Cinderamata yang diserahkan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Kepulauan Selayar Mustakim dan Panitia Pelaksana Festival Budaya Maritim. 
Kehadiran KRI Dewa Ruci di Kabupaten Kepulauan Selayar mulai 28 November sampai 1 Desember 2023 dalam misi terakhir berlayar bersama Laskar Muhibah Jalur Rempah. Selanjutnya, KRI Dewaruci sesuai jadwalnya melanjutkan pelayaran menuju Kendari, Ternate, hingga Tidore dan Kembali ke Surabaya dan Laskar Rempah akan kembali ke daerah masing-masing di jalur pelayaran lain.
Selama berada di Kepulauan Selayar KRI Dewa Ruci menjadi objek wisata yang paling banyak dikunjungi oleh pelajar dan warga Selayar, untuk mengenal lebih dekat dan menggali lebih dalam sejarah pembuatan serta perjalanan pelayarannya. 
Usai acara pelepasan KRI Dewa Ruci, Letda Laut (P) Erwanto berharap sebagai ikhtiar untuk menghidupkan kembali jalur rempah di Kabupaten Kepulauan Selayar, termasuk mengembangkan potensi wisata dan meningkatkan hasil rempah-rempah yang menjadi daya tariknya di masa lalu. Sehingga dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Selayar. 
Danpos Angkatan Laut, Letda Laut (P) Erwanto menjelaskan bahwa KRI Dewa Ruci merupakan kapal pelatihan bagi para taruna akademi Angkatan Laut yang berada dalam jajaran satuan Kapal kapal bantu Komando Armada 2 yang berbasis di Surabaya. 
“Perjalanan pelayaran jalur rempah, KRI Dewa Ruci sudah dilakukan sejak 2022 yang bekerja sama dengan kemendikbud untuk menelusuri jalur rempah nenek moyang kita pada zaman dahulu. Dimana saat ini dibawah komandan Letkol Laut (P) Sugeng Harianto melakukan pelayanan muhibah Jalur Rempah membawa 46 orang Laskar Rempah dari Surabaya hingga Selayar,” Tutupnya. 

 


×
Berita Terbaru Update